Our Story
Home/Blog/Ubah Kebiasaan Buruk Ini, Kalo Pengen Aman Pakai Soflens

Ubah Kebiasaan Buruk Ini, Kalo Pengen Aman Pakai Soflens

11-07-2021 05:57:18
Ubah Kebiasaan Buruk Ini, Kalo Pengen Aman Pakai Soflens

kebiasaan buruk dalam penggunaan softlens  - Lensa kontak menjadi salah satu alternatif alat membantu untuk melihat selain menggunakan kacamata. Lensa kontak atau biasanya lebih dikenal dengan softlens dianggap sangat praktis dalam penggunaan dan sama sekali tidak mengganggu penampilan Kamu.

banner-IG-holicat

Namun karena penggunaan softlens yang langsung digunakan dengan menempel pada bola mata, maka Kamu harus melakukan perhatian yang lebih ekstra dalam penggunaannya. Pasalnya, menggunakan lensa kontak yang kurang baik akan menyebabkan masalah pada mata. Mulai dari iritasi mata, mata merah, penglihatan buram hingga yang paling parah adalah kebutaan. Itulah mengapa penting untuk Kamu menghindari beberapa kebiasaan buruk dalam penggunaan softlens sehingga aman saat menggunakannya. 

Nah, jika Kamu tidak ingin mengalami beberapa jenis masalah mata yang disebabkan karena penggunaan softlens, maka langkah terbaiknya adalah dengan menghindari beberapa kebiasaan buruk pada saat Kamu menggunakan softlens berikut. Jika selama ini Kamu tidak sadar melakukannya, segeralah untuk berhenti.

1. Lalai Menjaga Kebersihan Tangan

Apakah Kamu selalu menggunakan dan melepaskan softlens tanpa mencuci tangan terlebih dahulu. Jika kebiasaan ini Kamu lakukan, maka ada baiknya segera berhenti melakukannya. Pasalnya karena tangan merupakan salah satu bagian tubuh yang memiliki sumber kotoran paling banyak, minyak hingga virus dan bakteri. 

Jika Kamu menyentuh softlens tanpa mencuci tangan, maka tentu saja kesempatan bakteri dan kotoran akan berpindah tangan ke mata kemungkinan besar bisa terjadi. Hal ini akhirnya menyebabkan terjadinya iritasi pada mata Kamu. Jadi sebelum menyentuh softlens ada baiknya untuk mencuci tangan terlebih dahulu. 

2. Membersihkan Softlens Dengan Air Kran

Softlens harus selalu kamu jaga kebersihan dan usahakan untuk menggunakan larutan khusus. Jangan pernah membersihkan softlens dengan menggunakan air kran atau air biasa. Karena air tersebut tidak bisa dijamin kebersihannya. kebiasaan buruk dalam penggunaan softlens ini bisa menyebabkan kerusakan pada penglihatan. 

3. Menggunakan Softlens Rusak Atau Kadaluarsa

Beberapa diantara kamu yang menggunakan softens mungkin pernah melakukan kebiasaan menggunakan softlens yang sudah kadaluarsa dengan alasan masih nyaman digunakan. Padahal softlens yang kadaluarsa bisa menyebabkan masalah pada penglihatan Kamu. 

Beberapa masalah yang sering terjadi mulai dari mata merah, iritasi, hingga gatal. Hal ini karena softlens sendiri sebenarnya tidak didesain dalam waktu yang lama. Dan umumnya hanya bisa digunakan 3 hingga 6 bulan. Ketika Kamu menggunakan softlens penting untuk memperhatikan batas waktu penggunaannya. 

4. Menggunakan Softlens Saat Tidur

Ketika Kamu merasa sangat lelah beraktivitas seharian mungkin akan membuat Kamu menjadi lupa dan malas untuk membersihkan wajah dan melepas softlens. Padahal kebiasaan buruk dalam penggunaan softlens ini bisa menyebabkan masalah pada penglihatan Kamu. Softlens yang menempel di bola mata dalam waktu yang lebih lama dari seharusnya, akan menyebabkan suplai oksigen ke mata menjadi terhambat. Hal ini memberikan efek terjadinya gangguan kinerja dari pembuluh mata. 

5. Jarang Mengganti Wadah Softlens

Selain menjaga kebersihan pemakaiannya, wadah softlens juga harus Kamu jaga kebersihannya. Pastikan untuk kamu rutin mengganti wadah setelah beberapa bulan menggunakannya. Jangan menggunakan wadah yang sama dalam waktu yang lama, karena bisa jadi wadah softlens ini menjadi tempat berkembangnya bakteri. 

Selain itu, penting juga untuk Kamu membersihkan wadahnya secara rutin dengan menggunakan larutan khusus guna menjaga kebersihan dan kesterilannya. 

Nah itulah beberapa kebiasaan buruk dalam penggunaan softlens yang harus Kamu tinggalkan ketika ingin menggunakan softlens dengan aman. Dengan menjaga kebersihan dari tangan dalam menggunakan softlens maka akan menurunkan resiko terjadinya masalah pada penglihatan selama menggunakan softlens. 

Whats-App-Image-2021-03-09-at-11-48-27

Blog Lainnya